Baju Songket

Baju Muslim Cantik dengan Kombinasi Songket

Baju songket biasanya identik dengan baju pengantin tradisional atau busana adat, namun bagaimana jika kemewahan corak dan penampilan kain songket dipadukan ke dalam satu stel busana Muslim? Anda mungkin berpikir bahwa harganya pasti akan selangit, namun perkembangan industri garmen modern (termasuk pembuatan benang emas dan perak sintetis) telah memungkinkan diproduksinya kain songket modern yang walaupun masih memertahankan tema dan motif tradisional namun bisa dibanderol jauh lebih murah daripada songket asli yang memakai benang emas asli. Perkembangan popularitas busana Muslim Indonesia yang bahkan sudah mendunia pun kini memungkinkan dibuatnya kreasi baju-baju Muslim dengan bahan utama atau pendukung dari songket.

Kualitas Songket untuk Baju Muslim

Mengapa kain songket merupakan bahan yang sangat bagus untuk dibuat baju Muslim? Pertama-tama, tentu saja karena teksturnya yang halus dan cantik, dengan motif-motif meriah yang berkesan mewah dan menjelaskan mengapa kain ini dulunya hanya bisa dipakai oleh kaum bangsawan dan keluarga kerajaan. Bahkan jika potongan baju Muslimnya sendiri sederhana, motif dan penampilan kain songket itu sendiri sudah bisa membuat keseluruhan busana menjadi tampil beda tanpa harus memberi tambahan aksesori yang terlalu ramai. Desainer yang terkenal karena memanfaatkan kain songket pada koleksi busana Muslim antara lain Ida Leman, Ina Priyono dan Alphiana Chandrajani.

Padu Padan Songket dalam Busana Muslim

Ada beberapa cara untuk memanfaatkan bahan kain songket dalam membuat baju Muslim. Pertama, kain songket tersebut bisa dijadikan bahan utama untuk membuat satu stel baju songket, yang kemudian bisa dipadukan dengan manset, kerudung, rok atau celana panjang longgar yang polos (Ida Leman terkenal karena membuat satu stel gaun pengantin Muslim dari kain songket Palembang berwarna merah). Atau, bisa juga kain songket tersebut dijadikan aksen pada baju Muslim, misalnya sebagai bagian dari kerudung dan bagian pinggang gaun atau sebagai bawahan dari sehelai blus polos. Dalam hal ini, kain songket buatan pabrik atau mesin sudah cukup untuk membuat baju Muslim yang cantik dan berseni.

Related Search:  potongan baju kain songket - kain BATIK songket online - baju motif potongan songket palembang - busana dari kain songket - kreasi songket modern - kreasi baju songket - www.baju songket batik.com - baju pengantin kain songket - koleksi baju tenun indonesia - model baju kombinasi kain songket -

Comments are closed.