Batik Batik di Indonesia

Berbagai Motif Batik di Indonesia dan Maknanya

Motif batik kini memang sangat populer di Indonesia; kekayaan ragam warna dan coraknya membuat banyak orang, tua maupun muda, bersemangat mengadopsi motif batik ke dalam pakaian sehari-hari serta beragam aksesori dan bahkan perkakas rumah seperti taplak meja, penutup kursi hingga sprei. Akan tetapi, kepopuleran motif batik ternyata belum tentu memancing ketertarikan banyak orang untuk lebih mengenal perbedaan dan makna di balik motif batik batik di Indonesia. Padahal, mengenal setidaknya beberapa motif beserta maknanya bukan hanya akan memberikan kepuasan tersendiri ketika anda mengenakannya, melainkan juga akan lebih menanamkan rasa cinta akan warisan kebudayaan kita.

Berikut adalah beberapa contoh motif khas pada batik Indonesia:

1. Motif Sekar Jagad.
Motif ini melambangkan kecantikan dan keindahan yang memesona, namun dalam artian luas melambangkan keberagaman yang ada di dunia.

2. Motif Kawung.
Motif ini berdasarkan bentuk kawung atau sejenis kelapa; bentuknya biasanya merupakan pengulangan dari bentuk kawung atau bunga teratai dan sering nampak di seragam resmi pejabat. Maknanya adalah harapan umur panjang serta kesucian.

3. Motif Batik Keraton.
Sesuai namanya, motif pada batik ini dulunya hanya terbatas untuk kaum keraton (contoh yang terkenal adalah motif Parang Rusak). Dulunya motif ini ditenun oleh para putri keraton dan melambangkan filosofi hidup.

4. Motif Tambal.
Motif batik ini khas karena biasanya berupa motif kotak-kotak yang diulang-ulang. Maknanya adalah ‘penambal hal-hal buruk’ dalam kehidupan dan secara tradisi sering diselimutkan kepada orang sakit.

5. Motif Cuwiri.
Ciri khas motif ini adalah corak berunsur gurda dan meru serta sering dipakai sebagai motif bahan kemben dan sarung untuk upacara mitoni. Makna motif ini adalah kepantasan serta kehormatan.

6. Motif Sida Mukti dan Sida Asih.
Motif dengan corak sida ini umumnya digunakan dalam upacara pernikahan dan mengandung makna harapan akan kebahagiaan.

7. Motif Sida Luhur.
Motif bercorak sida ini juga termasuk yang sering digunakan untuk corak baju pejabat karena bermakna kedudukan yang bagus serta panutan rakyat banyak.

Motif batik batik di Indonesia ini sesungguhnya masih bisa di’bedah’ lagi menjadi beberapa kelompok motif dan corak yang masing-masing memiliki kekhasan tersendiri, sehingga sangat bagus jika kita bisa mengetahui perbedaan serta makna masing-masing motif agar bisa lebih memahami filosofinya.

Related Search:  MENGENAL MOTIF BATIK DAN MAKNANYA - kain batik bercorak kantil dari provinsi - motif batik yogyakarta serta maknanya - jenis-jenis batik di indonesia beserta maknanya - contoh ragam batik bercorak teratai - batik dan maknanya - pembuatan kain batik terkenal diindonesia - asal kain batik yg bercorak kantil - contoh batik batik di indonesia - batik-batik pejabat 2013 -

Comments are closed.