Batik Batik Indonesia

Motif Batik Indonesia untuk Pakaian Anak Muda

Batik batik Indonesia yang kaya akan motif dan warna kini telah dilirik oleh kawula muda sebagai salah satu bahan pakaian yang bisa dikenakan untuk berbagai situasi, bukan hanya saat menghadiri undangan atau acara resmi. Anggapan bahwa pakaian batik membosankan kini sudah dibuang jauh-jauh, terutama karena yang disebut ‘batik Indonesia’ sebenarnya tidak berasal dari hanya satu daerah saja. Kita memiliki yang namanya batik Solo, batik Yogya, batik Jakarta, batik Pekalongan, batik Kalimantan, batik Bali, batik Lereng dan sebagainya, dengan variasi warna dan motif yang sangat beragam. Masing-masing batik memiliki karakteristik warna dan motif khasnya masing-masing yang bisa disesuaikan dengan selera anak muda yang beragam.

Memilih Motif untuk Pakaian Anak Muda

Batik biasanya identik dengan kain dari daerah Jawa, dan kebanyakan orang mungkin hanya familiar dengan batik Yogya dan Solo yang sering dijadikan motif pakaian seragam kerja atau baju resmi. Jadi bagi yang ingin tampil beda, mengapa tidak mencoba motif batik dari daerah lain seperti batik Kalimantan? Kain batik Kalimantan (sasirangan) memiliki motif-motif melengkung yang unik seperti motif naga balimbur, sisik tanggiling, kambang tanjung dan sebagainya. Motif batik Pekalongan dan Bali menawarkan warna-warna indah serta desain yang terinspirasi dari tanaman serta hewan-hewan magis seperti naga, burung phoenix dan burung Garuda.

Setelah mengetahui ragam motif batik batik Indonesia, rasanya tidak sulit untuk menentukan motif batik yang cocok bagi masing-masing pribadi anak muda. Contoh, bagi para gadis yang suka tampil feminin bisa memilih corak buketan (buket bunga) batik Pekalongan atau motif bunga-bunga batik Bali. Bagi yang tidak suka tampil terlalu feminin atau meriah, ada pilihan motif-motif geometris dengan garis-garis atau cecek (titik-titik). Atau, jika ingin memanfaatkan motif batik yang kesannya klasik seperti batik Solo, bisa diaplikasikan pada aksesori seperti syal, tas, sepatu atau baju luaran. Pendeknya, tidak ada batasan untuk tampil modis dan trendi namun tetap sesuai jiwa muda dengan menggunakan pakaian dan aksesori bermotif batik dari Indonesia.

Related Search:  beda batik dengan kain sasirangan - menawarkan desain motif batik - kain batik motif hewan - artikel batik motif hewan - artikel motif batik indonesia - batik syal indonesia - igin jadi agen batik sasirangan - kain batik meteran indonesia - motif batik indonesia dengan namanya -

Comments are closed.