Batik Online dan Kain Batik Indonesia

Batik Online dan Tips Berburu Kain Batik

Syal Batik Murah

Di era digital ini, internet adalah surga bagi penggila belanja. Dalam persaingan dagang yang ketat, toko-toko batik online memanjakan pelanggannya dengan berbagai kemudahan. Hemat transport, juga praktis.

Toko batik online tak terhitung jumlahnya. Toko batik online yang betul-betul membangun tokonya karena mencintai dunia batik biasanya tidak sekadar memajang produk dagangannya. Website mereka juga memuat informasi-informasi berharga tentang kain batik. Sebab, kain batik bukan melulu produk fashion, melainkan produk budaya.

Mau belanja batik online? Simak deh, tips-tips di bawah ini.

1. Tentukan tujuan.

Akan lebih mudah jika kamu sudah punya bayangan kain batiknya dari daerah mana, dan motif seperti apa yang hendak dibeli. Search di halaman search engine. Semisal, batik online dari madura. Berderet website toko batik online yang muncul Madura akan muncul. Bukalah beberapa portal batik online dan pilihlah batik yang kamu inginkan.

Jika tidak mempunyai tujuan spesifik, kata kunci kain batik Indonesia, sudah cukup. Kamu bisa berselancar di banyak toko batik online yang menyediakan.

2. Jeli memilih toko Batik Online.

Banyaknya toko batik online mungkin membuatmu bingung menentukan pilihan. Novia Cici Anggraini (32), seorang ibu muda yang tinggal di Roma, Italia, mempunyai kiat yang bisa kita contoh dalam memilih toko batik online.

  1. Untuk online shop dengan account facebook, cek banyaknya mutual friend yang dikenal. Dengan begitu, kita bisa bertanya kepada teman yang pernah belanja di ol-shop tersebut mengenai pelayanan dan kualitas batik yang dijual. Amati juga komen-komen di bawah produk.
  2. Mencari online shop dengan pilihan batik (motif, bahan, kualitas, harga) yang lebih beragam, karena akan memudahkan pemilihan kain batik.
  3. Faktor kepercayaan yang terbangun pada saat berkomunikasi sebelum transaksi. “Meski jarang menawar karena batik di toko online lebih sering memasang harga fix, tapi biasanya aku lakukan ketika belanja lebih dari dua atau tiga produk di satu ol-shop, menawar diskon, atau free ongkir,” kata Cici yang memakai alamat Indonesia untuk pengiriman kain batik yang dibelinya. Setelah terkumpul, kerabatnya akan mengirim batik-batik tersebut ke Italia lewat jalan laut.

3. Memilih batik di ol-shop.

Salah satu kekurangan belanja batik online di toko batik online adalah, kita tidak bisa mengamati batik tersebut secara langsung. Beberapa tips berikut ini bisa kamu jadikan referensi:

  1. Amati motif, warna, dan jenis batik. Motif dan warna adalah hal yang biasanya menarik hati konsumen. Bisa jadi kamu langsung terpikat oleh salah satu produk karena kedua hal tersebut. Tapi jangan langsung memutuskan. Cari tahu jenis batiknya. “Meski tidak anti batik printing, aku lebih suka batik tulis, cap, atau kombinasi keduanya. Beberapa kali membeli batik printing, warnanya lebih cepat pudar,” terang Cici.
  2. Jenis bahan. Jenis bahan menentukan keawetan dan perawatan. Pilih jenis bahan yang sesuai dengan model baju dan kegunaannya. Misal, katun mesres dan garuda yang berkarakter lemas cocok dijadikan rok lebar. Sementara prima dan primissima yang halus bisa digunakan untuk busana formal.

4. Harga dan pelayanan.

Rajin-rajinlah browsing. Kadang, batik yang sama dijual dengan harga yang berbeda oleh ol-shop yang berbeda. Atau, harga yang tertera tidak sesuai dengan kualitas dan jenis batik. Toko batik online yang terpercaya memberikan garansi. Bahkan, untuk batik tulis yang sangat mahal, toko batik online juga memberikan asuransi.

So, dengan tips-tips di atas, tak perlu lagi khawatir belanja kain batik online di ol-shop!

Related Search:  www.kainbatik - Kain batik tulis online - kain batik cap madura - cici batik.com - novia cici anggraini - cici batik.com - macam+harga+batik+indonesia - kain batik indonesia online - perawatan kain batik - kain batik meteran dari katun produk indonesia -