Batik tenun

Tips Membedakan Batik Tenun Tradisional dan Pabrikan

Batik tenun tradisional merupakan karya seni dengan tingkat kesulitan pembuatan tinggi serta memiliki latar belakang budaya yang kental, sehingga tidak heran jika ada kebanggaan tersendiri jika bisa mengoleksi kain-kain tenun asli Indonesia yang dibuat dengan alat tenun tradisional. Bagi yang berkantong tipis tentu saja bisa memilih batik tenun yang dibuat dengan alat tenun mesin atau pabrikan, yang notabene lebih murah karena pembuatannya juga lebih gampang. Tetapi apa jadinya kalau anda disuguhi kain batik tenun buatan pabrik atau mesin lalu diberitahu kalau kain tersebut adalah kain tradisional? Jika anda tidak tahu bedanya, anda mungkin akan harus membayar mahal untuk kain yang sebenarnya tidak semahal itu.

Perbedaan Batik Tenun Buatan ATBM dan ATM

Kain tenun buatan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) punya kualitas dan tampilan yang berbeda dengan buatan ATM (Alat Tenun Mesin), walaupun perbedaan ini bisa jadi kurang jelas di mata orang yang tidak berpengalaman. Sebagai contoh, kerapatan benang pada kain batik tenun tradisional agak lebih renggang (dalam artian terlihat alami) dibandingkan dengan kain tenun pabrikan, yang kerapatan benangnya bisa rapat sekali. Hal ini tentu berdasarkan fakta bahwa mesin bisa melakukan pengukuran kerapatan benang hingga ke ukuran yang kecil sekali. Akan tetapi, jika anda jarang bersentuhan langsung dengan berbagai jenis kain atau batik tenun, mungkin agak sulit untuk menentukan apakah sehelai kain adalah kain tenun tradisional atau pabrikan dari kerapatan benangnya.

Cara yang paling mudah mungkin adalah dengan melihat kondisi kain ketika masih berupa lembaran kain jadi yang belum diapa-apakan (belum dijadikan produk). Kain yang dihasilkan oleh alat tenun tradisional punya pinggiran yang tidak rata walaupun permukaan kainnya sendiri halus, berbeda dengan kain pabrikan yang tentunya dipotong menggunakan mesin sehingga pinggirannya bisa rata. Akhirnya, jika anda tidak yakin akan asal-usul batik tenun yang anda inginkan, cara paling gampang adalah dengan membeli langsung di sentra kerajinan kain yang bersangkutan di daerah asal masing-masing kain.

Related Search:  karya tekstil : batik, tenun, dan bordir - pabrikan kain tenun mesin - songket buatan mesin model terbaru - batik tenun - online batik tenun - jelaskan perbedaan batik dengan tenun - perbedaan kain atbm - perbedaan kain batik dan tenun - perbedaan kain tenun dan seni batik - jual kain batak di jakarta -

Comments are closed.