Batik Ulos dan Jenisnya

Batik Ulos dan Jenisnya

Budaya indonesia merupakan budaya yang sangat unik untuk dilestarikan. Di setiap daerah, kita bisa menemukan banyak sekali budaya yang bisa dilestarikan mulai dari pakaian, tarian, dan juga rumah tradisional. Jika kita berbicara masalah pakian, kita bisa menemukan banyak sekali kain yang unik yang berasal dari setiap daerah di Indonesia, salah satunya adalah kain ulos. Seperti yang kita ketahui, kain ulos adalah kain tenun yang berasal dari Sumatera Utara yang ditenun secara tradisional untuk menghasilkan kain ulos yang sangat bagus dan indah untuk dipakai. Secara umum, kain ulos di dominasi oleh motif garis. Jika kita berbicara mengenai warna, maka kain ulos lebih sering menggunakan warna-warna merah, hitam, putih, serta kuning. Waarna-warna tersebut biasanya juga dipadukan dengan penggunaan benang emas. Kain ulos yang ditenun secara tradisional ini menghasilkan kain atau selendang yang lebih tebal daripada yang dihasilkan oleh mesin. Kain ulos sebenarnya sangat diminati di berbagai kealangan karena keindahannya. Namun, dengan pengerjaan yang dilakukan secara tradisionla, kain ulos ini tentunya memounyai harga yang cukup mahal. Jadi, sebagai siasat para konsumen yang menginginkan kain ulos ini, maak sekarang ini banyak produsen batik yang mulai memproduksi batik ulos. Batik bermotif ulos ini tentunya tetap terlihat sangat in dah, namun kita bisa mendapatkannya dengan ahrga yang lebih terjangkau tentunya.

Seperti yang kita tahu, produksi batik memang hanya dilakukan di jawa. Hampir semua tanah Jawa memiliki gaya batik khasnya. Dengan merambahnya industri tekstil di tanah air, sekarang ini inovasi perlu dilakukan untuk menghidupkan kembali rasa cinta tanah air. Dengan menggabungkan teknik dari daerah jawa dan mengkolaborasikan motif dari sumatera utara ini, rasanya inovasi untuk memajukan budaya bangsa terlihat sangat mengagumkan. Jadi banyak sekali motif yang bisa kita apolikasikan dalam pembuatan batik ulos ini, seperti gorga sitompi, toba desa anawalu, semut beriring, pucuk rebung, dan masih banyak lagi. Motif yang sudah disebutkan diatas tadi merupakan motif melayu. Lain laghi jika kita melihat motif ulos dari batak Mandailing. Suku batak yang satu ini memiliki motif yang unik juga. Ada motif yang bisa kita sebut sebagai mataniari, kemudian ada juga motif simalungun, dan lain-lain.

Eksistensi dari kain ulos ini sepertinya meningkat dengan adanya batik ulos. Dengna modifikasi ini, rupanya banyak masyarakat yang menyambut hangat wujud pengembangan budaya batak. Seperti yang kita tahu, kain ulos sudah memiliki harga jual yang sangat mahal. Belum lagi juka akain ulos tersebut sudah berubah wujud menjadi kain songket. Harga yang ditawarkan pasar bisa melonjak hingga berpuluh-puluh kali lipat. Namun, dengan proses pembuatan batik ulos, maka pembelian karya seni khas batak ini leboh mudah di jangkau para pecinta kain ulos. Akhir – akhir ini para proodusen memperkenalkan ulos Mesa. Mesa merupakan singkatan dari mesin dan sablon. Ini merupakan kreasi yang tak jauh beda dengan kain batik ulos yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jadi, jika anda tertarik untuk membelikan oleh-oleh bagi kerabat terdekat ketika anda berada di sumatera utara, ada banyak store yang bisa dikunjungi untuk mendapatkan kain batik ulos terbaik. Harga yang dibandrol pun murah. Harga dimulai dari puluhan ribu dan tidak akan menyentuh harga jutaan mengingat batik ulos bukan merupakan kain ulos yang asli yang dibuat dengan mesin tenun.

Related Search:  jual kain tenunan motif ulos - gambar batik ulos mendailing - jual online kain meteran gorga - stelan kain selendang songket mesin - batik gaya ulos harga - batik ulos - beli kain batik satu stel dengan selendang online shop yang bagus - harga kain ulos sumatera utara - bagaimana jika motif ulos dijadikan batk? - songket palembang terbaru buatan mesin -

Tags: , , ,

Comments are closed.