Cara Memakai Kain Batik

Cara memakai kain batik pada dasarnya memiliki aturan-aturan dalam penggunaan motif motif batik tersebut. Dahulu, khususnya di kepulauan Jawa, terdapat aturan yang ketat mengenai motif-motif batik yang dikenakan seseorang. Ketentuan itu berlandaskan pada keturunan, jabatan, dan kesempatan. Contohnya, untuk aturan pemakaian batik sesuai dengan keturunannya terdapat motif motif yang hanya boleh dipakai oleh kaum bangsawan saja.

Dalam hal ini adalah golongan raja beserta semua kerabat-kerabatnya saja; misalnya: putra, sentana, wayah, rayi, dan seterusnya. Mereka semua menggunakan motif-motif batik seperti: parang klithik, parang rusak, parang gendreh, parang barong, parang kusumo, dan sebagainya. Sedangkan pemakaian menurut kesempatan, dalam hal ini, peraturan ini mengatur motif – motif yang boleh dipakai dalam menghadiri sebuah acara, upacara, atau pertemuan pertemuan tertentu saja. Namun semua aturan-aturan tersebut semakin memudar seiring dengan populernya batik di seluruh kalangan masyarakat Indonesia.

Related Search:  caramemakaikain.com - cara melilit kain batik - cara memakai kain batik solo - pemakaian kain batik lepas jawa - vidio cara pemakain kain modern - cara pakai batik - cara pemakain songket untuk pria - cara memakai kain modern - cara. memakai kain batik modern - cara penggunaan/pemakaian kain motif batik -

Comments are closed.