Cara Membuat Kain Batik

Jika Anda ingin belajar membatik, ada beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan. Berikut ini adalah urutan sederhana cara membuat kain batik.

1. Pertama, Anda membutuhkan selembar kain kafan berwarna putih. Tidak perlu yang berukuran besar. Jika kebesaran, potong sesuai ukuran yang Anda inginkan dan jahit kembali bagian pinggir.
2. Anda bisa memulainya dengan memilih motif dan menggambarnya di atas kain dengan teknik memindahkan langsung/meniru.
3. Setelah Anda selesai menggambar seluruh motif pada semua bagian kain, Anda bisa mulai mempersiapkan peralatan membatik, seperti malam, canting membatik, dan rak sederhana sebagai penyangga agar kain batik tetap terbentang dan tidak terlipat-lipat.
4. Langkah selanjutnya, Anda bisa mulai mebatik dengan mengoleskan malam yang sudah dipanaskan di atas bara api kecil. Oleskan malam secara perlahan-lahan dengan canting sesuai dengan pola yang sudah Anda gambar pada kain batik. Langkah ini mungkin akan membutuhkan waktu lama.
5. Setelah selesai, celupkan kain batik ke pewarna pakaian. Setelah cukup, celupkan ke air panas hingga beberapa kali hingga malam mengelupas. Setelah selesai, jemur dan kain batik Anda sudah jadi.

Related Search:  cara membuat kain batik - cara melipat kain batik - turutan cara buat kain batik - Cara membuat membatik kain - cara mebuat batik dengan kain kafan - pola kain songket yang di jahit pinggir - urutan cara membatik - cara membuat kain batik - penyangga kain batik - cara membuat batik -

Comments are closed.