Hubungan Antara Pabrik Kain Dan Keamanan Nasional

Sebagai negara yang sedang berkembang pesat perekonomiannya, maka tidak heran jika Indonesia adalah salah satu negara tujuan utama investor asing. Salah satu industri yang digemari oleh investor dan banyak dijumpai di Indonesia adalah industri garmen. Pesatnya perkembangan industri garmen di negeri ini dibuktikan dengan bermunculannya pabrik- pabrik kain di beberapa kota di Indonesia.

Pabrik kain tersebut selain menjadi sumber lapangan kerja bagi rakyat Indonesia juga ikut menyokong industri kain tradisional Indonesia. Seperti yang telah kita ketahui bahwa Indonesia memiliki satu kekayaan fashion yang sudah terkenal hingga ke mancanegara, batik. Industri batik tradisional ini sebenarnya didukung oleh industri garmen yang berperan sebagai penyedia bahan baku kain. Dengan banyak dibukanya pabrik garmen di Indonesia, diharapkan harga kain bisa ditekan karena tidak membutuhkan ongkos distribusi yang besar. Harga kain yang murah dan terjangkau tentunya akan berdampak positif terhadap industri batik tradisional yang sebagian besar masih berupa home industri atau industri rumahan skala kecil hingga menengah.

Sokongan pabrik kain terhadap industri batik tradisional ini harus selalu dijaga. Salah satu caranya adalah dengan menjaga agar iklim investasi di Indonesia selalu stabil. Untuk itulah kita harus mampu menjaga agar di Indonesia selalu aman dan tidak terjadi kerusuhan. Kerusuhan akan menyebabkan iklim investasi menjadi lesu sehingga industri batik tradisional kita akan terkena imbasnya.

Related Search:  pabrik industri batik indonesia - hubungan investasi dengan keamanan -

Comments are closed.