Jenis Kain Batik dan Tingkatannya

Jenis Kain Batik dan Tingkatannya

Saat ini, kain batik menjadi salah satu produk populer di kalangan masyarakat. Produk kain batik sebenarnya berasal dari pulau Jawa. Ada banyak daerah di Pulau Jawa yang memproduksi batik dengan motif yang berbeda-beda. Di kantor-kantor pemerintahan maupun sekolah-sekolah, batik menjadi salah satu seragam yang cukup penting untuk digunakan. Dengan menggunakan batik sebagai seragam, itu berarti bahwa kita telah menjaga dan melestarikannya.

Berbagai macam batik dapat anda temukan baik di butik-butik mahal ataupun di pasar-pasar tradisional.

Ada beberapa jenis kain batik yang biasa digunakan untuk membatik. Saat anda ingin membeli baju batik, ada baiknya anda memperhatikan bahannya terlebih dahulu. Beberapa jenis kain yang bisa anda dapatkan ialah kain berbagan sutra, shantung, paris, dobi, polisima, primisima, dan katun prima. Jenis kain tersebut dibedakan berdasarkan tekstur dan bahan dasarnya.

Kain yang paling umum digunakan untuk membatik ialah katun. Kain katun tersebut pun memiliki beberapa tingkatan seperti prima, primisima dan yang paling bagus ialah polisima. Selain itu juga masih ada beberapa tingkatan dari kain katun tersebut.

Ada yang berbahan dasar tipis, kasar, tebal, halus, dan sangat tebal. Tergantung dari serat kapas yang digunakan dari bahan dasar pembuatan kain. Jika anda ingin membeli kain batik dengan tekstur yang dingin dan halus, anda dapat memilih jenis kain shantung. Beberapa tingkatan yang ada ialah tipis hingga tebal.

Untuk acara-acara resmi, kain dengan bahan setengah sutra sangat bagus digunakan. Anda dapat memilih jenis kain dobi karena memiliki ciri khas setengah sutra dan setengah katun. Walaupun anda memilih kain dobi yang paling halus, anda tetap akan merasakan serat yang menonjol.

Jika budget anda cukup banyak, ada baiknya anda untuk memilih kain sutra. Teksturnya yang lembut dan mengkilap membuat anda jatuh hati setiap memaikanya. Jenis kain lainnya yang juga memiliki tekstur jatuh dan lembut ialah kain paris. Selain teksturnya yang lembut, kain ini pun harganya lebih murah daripada sutra. Sedikit informasi mengenai kain yang digunakan untuk produk batik akan membantu anda dalam memilih jenis batik yang paling cocok untuk dikenakan.

Related Search:  jenis kain batik - songket dengan tingkatannya - bagaimana membedakan kain songket mahal dan murah - Jenis jenis kain yg di gunakan untuk membuat karya batik - jenis kain batik - jenis polisima - tingkatan bahan kain batik - kain katun dengan tingkatannya - jenisbatikmahaldiindonesia - jenis-jenis kain batik yang di gunakan -

Tags: , , , ,

Comments are closed.