Kain Batik Printing

Dibandingkan dengan jenis-jenis batik yang lainnya, batik printing merupakan jenis batik yang baru muncul. Kini, meskipun belum pasti kapan kain batik ini mulai dikenal, batik printing mulai di produksi secara masal. Hal ini dikarenakan metode dan teknik dalam proses produksinya tidak serumit batik cap apalagi batik tulis. Teknik produksinyapun lebih mirip dengan produksi sablon pada pakaian, yaitu menggunakan kasa unttuk mencetak motif batik diatas kain. Sedangkan proses pewarnaannya pun sama dengan proses pewarnaan kain biasa, yaitu dengan menggunakan pasta yang telah dicampur warna sesuai dengan keinginan kemudian dicetak sesuai dengan keinginan.

Namun dalam perjalanannya kain batik model ini mendapat kritikan pedas dari beberapa seniman dan pengrajin batik, karena dianggap telah merusak tatanan dalam seni membatik. Hal ini pula yang menjadikan kain ini kemudian mereka sebut dengan Kain bermotif Batik. Secara kasar kita dapat membedakan batik print dan jenis kain batik lain hanya dengan melihat permukaan dibalik kain. Biasanya, warna dari kain batik print tidak meresap ke seluruh serat kain. Mereka hanya menempel pada permukaan kain, sehingga di balik kain masih terlihat sedikit berwarna putih.

Related Search:  produsen kain batik printing - kain batik printing miss universe 2013 - printing kain - produksi batik printing - kain batik printing - jual kain batik print imm -

Comments are closed.