Kain Sasirangan, Kain Dengan Kekuatan Magis Bagi Orang Dayak

Salah satu hasil kebudayaan di Indonesia yang juga petut dilestarikan adalah kain tradisional. Salah satu kain tradisional asli Indonesia adalah kain sasirangan. Kain ini berasal dari Kalimantan Selatan. Memang kain ini kalah populer jika dibandingkan dengan batik atau songket, namun dijamin kain tradisional masyarakat dayak ini memiliki keindahan yang tidak kalah jika dibandingkan dengan batik dan songket.

Di Kalimantan Selatan sendiri, kain ini banyak dipakai oleh masyarakat lokal sebagai ikat kepala, selendang, sabuk bagi kaum pria, kemben bagi wanita, serta dipakai sebagai pakaian khusus dalam upacara adat. Selain menjadi bagian dari keseharian masyarakat di Kalimantan Selatan, kain sasirangan ini juga konon katanya digunakan dalam upacara spiritual masyarakat dayak kuno seperti untuk menyembuhkan orang sakit dan mengusir roh jahat. Nama sasirangan sendiri dalam bahasa Kalimantan Selatan berarti dijahit atau diikat. Kain tradisional Kalimantan selatan ini dibuat dari kain putih polos yang dijahit atau diikat di beberapa tempat sesuai dengan pola yang diinginkan dan selanjutnya dicelupkan ke cairan pewarna. Cara pembuatan kain ini hampir mirip dengan proses pembuatan kain jumputan di Palembang dan Jawa.

kain sasirangan ini sangat cocok dipakai sebagai selendang untuk melengkapi busana kebaya. Selain untuk selendang, anda juga bisa menggunakannya sebagai gaun malam, kerudung, daster, atau blouse. Untuk kaum lelaki, kain tradisional masyarakat dayak ini bisa dibuat kemeja atau sarung.

Related Search:  motif sasirangan dayak - kain sasirangan motif dayak - batik motif sasirangan murah dijakarta - motif batik dayak sasaringan - batik sasirangan kaltim - sasirangan tradisional indonesia - kekuatan+dayak -

Comments are closed.