Kekayaan Kain Tradisional Indonesia Sebagai Warisan Budaya

Seperti yang telah kita ketahui, Indonesia adalah rumah dari puluhan kebudayaan daerah. Tiap-tiap daerah di Indonesia bisa kita kenal melalui hasil kebudayaannya yang berupa tarian, seni musik, bahasa daerah, hingga ke pakaian. Maka tidak heran jika negara ini memiliki ratusan jenis kain tradisional Indonesia yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Berikut ini adalah jenis-jenis kain tradisional yang ada di Indonesia.

Ciri khas yang pertama dari kain tradisional Indonesia adalah batik. Semua orang Indonesia pasti akan mengenal batik. Batik dicanangkan sebagai kain nasional Indonesia dan dipakai oleh karyawan di perusahaan-perusahaan dan semua instansi pemerintahan di seluruh Indonesia. Yang lebih membanggakan, populeritas batik tidak hanya sampai di level nasional namun juga internasional. Baru-baru ini UNESCO, badan PBB yang mengurusi masalah kebudayaan mencanangkan bahwa batik adalah warisan kebudayaan asli Indonesia yang harus dilestarikan. Hampir setiap provinsi di Indonesia memiliki ciri khas batik mereka sendiri contohnya adalah batik khas solo dan pekalongan dari jawa tengah, batik khas Cirebon dan Garut dari jawa barat, batik Palembang dari sumatera selatan, batik corak Kalimantan, hingga batik khas dari papua.

Kain tradisional Indonesia yang lain adalah kain tenun. Kain tenun adalah kain tradisional yang diproduksi menggunakan alat khusus yang biasanya terbuat dari kayu. Ada beberapa jenis kain tenun di Indonesia seperti tenun sambas, tenun ikat, tenun Lombok, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Related Search:  jenis kain tradisional di indonesia - permasalahan kain tradisional indonesia - kain batik tradisional - gambar kain khas yang ada di seluruh indonesia - jual kain katun songket sidemen meteran harga murah - manfaat kain sutera - batik kain tradisional indonesia - nama-nama kain tradisional indonesia - jual kain batik online murah di jakarta - songket bali murah di jakarta -

Comments are closed.