Macam Macam Kain Batik

Batik pun juga memiliki berbagai macam jenis. Macam-macam kain batik yang sering kita dapati atau yang sering kita dengarkan adalah batik pekalongan, batik canting, batik Solo, dan batik Jogja. Jenis ataupun macam-macam kain batik disini dapat dikategorikan berdasarkan teknik, corak dan daerah asal dimana batik itu diproduksi. Berdasarkan teknik pembuatannya, batik digolongkan menjadi tiga; yaitu batik tulis, cap, dan lukis.

Berdasarkan coraknya, batik dapat dikategorikan menjadi 12 macam, seperti batik keraton, sudagaran, cuwiri, petani, tambal, sida mukti, sekar jagad, pringgondani, kawung, sida luhur, sida asih, dan semen rama. Kesemuanya tersebut sering kita sebut sebagai batik keraton. Sedangkan menurut daerah asalnya, jenis kain batik sendiri hamper bervariatif. Namun, dalam hal ini, batik sendiri masih terpusat hampir di seluruh bagian pulau Jawa, Bali, Aceh, Minangkabau dan lain sebagainya. Hal ini membuktikan bahwa batik memang telah menjadi bagian atau ciri khas dari bangsa Indonesia.

Related Search:  macam-macam kain batik dan asal - macam macam kain batik madiun - foto macam macam kain batik - macam macam kain batik - macam macam batik - macam-macam kain batik - macam macam kain batik - grosir kain batik meteran minang - macam macam batik dan tenun khas indonesia - macam macam jenis kain jarikbatik jogja -

Comments are closed.