Mematut Motif Ayam Alas

Mematut Motif Ayam Alas

Ayam dan Keseharian Masyarakat

Di daerah-daerah pinggiran kota atau pedesaan, ayam masih bisa kita temui. Penunjukan waktu juga identik dengan kokok ayam, terutama pagi hari sebelum weker ditemukan. Meski tidak selalu sering, daging ayam juga termasuk yang sangat diminati di meja-meja hidangan. Di pesta pernikahan, misalnya, pasti ada masakan yang mengandung daging ayam. Orang-orang tua dahulu juga kerap berkata, “Jangan bangun siang-siang, nanti rezeki keburu dipatok ayam.”

Ayam, Hewan Pemberani

Tentu saja ayam bukan sekadar hewan yang diternakkan untuk diambil daging dan telurnya. Dalam masyarakat yang kental dengan mitos, ayam sering menjadi perlambang. Negeri Prancis menggunakan ayam sebagai simbol, saya pernah melihatnya di papan sebuah lembaga pendidikan bahasa Prancis. Yang digunakannya adalah ayam jantan.
Kembali pada kokok ayam yang dijadikan penanda terbitnya matahari tadi, agaknya itulah penyebab ayam dipandang sebagai lambang keberanian. Dengan kata lain, dalam masyarakat Jawa khususnya, ayam dianggap ‘penjaga matahari’. Binatang yang dapat menjaga sesuatu yang demikian penting bagi kehidupan manusia tentu saja tidak sembarangan.

Ayam Alas, Makna dan Sejarahnya

Alas dalam bahasa Jawa artinya hutan. Ayam alas dijadikan salah satu motif batik, antara lain Cirebon dan Garut. Di Cirebon, ini termasuk kelompok motif batik keraton. Salah satu sebabnya, ayam jago adalah binatang kesayangan raja.
Pada gambarnya, tampak ayam tersembunyi dalam belitan tanaman anggur yang rumit (patran). Simbol keberanian tidak hanya dicerminkan oleh ayam jantan, tetapi juga ayam betina. Coba perhatikan, rata-rata ayam betina bertelur banyak, bukan? Jika telurnya dierami sampai menetas pun, rasanya jarang kita dapati induk yang mematok-matok makanan hanya ditemani satu ekor anak. Karena itulah motif ayam alas pun menyimbolkan kesuburan.
Selain yang sudah disebut tadi, ada juga motif ayam alas gunung. Gunung yang dimaksud adalah Gunung Jati. Tentu kamu tahu, di sana salah satu titik penting penyebaran agama Islam. Semakin jelaslah bahwa meski kelihatan sederhana, motif ayam alas berbicara banyak. Termasuk kaitannya dengan sejarah yang patut dilestarikan.

Related Search:  batik ayam alas - batik ayam alas cirebon - artikel batik ayam alas gunung jati - makana simbol motif batik ayam bekisar - makna motif ayam alas - makna batik ayam alas - makna motif batik Ayam Alas - motif ayam jago dan maknanya - Keterangan motif batik ayam alas - filosofi motif batik ayam bekisar -

Comments are closed.