Menikmati Keindahan Pulau Dewata Melalui Kain Songket Bali

Bali memang sebuah pulau yang menyimpan pesona alam dan keragaman budaya yang luar biasa. Jika kita ditanya kerajinan apa yang paling terkenal dari bali, pasti sebagian besar dari kita akan menjawab lukisan atau seni patung. Namun tahukah anda ada kain tradisional dari bali yang tidak kalah indah dari batik? kain songket bali adalah kain asli dari pulau dewata yang dibuat dengan menggunakan teknik tenun.

kain songket bali ini banyak diproduksi di beberapa kecamatan di pulau dewata ini. salah satu daerah yang aktif membuat kain tradisional bali ini adalah kecamatan sidemen, kabupaten karangasem. Kain khas bali ini kini semakin dikenal oleh masyarakat melalui wisatawan yang berkunjung ke sidemen dan membeli kain songket ini. Permintaan yang semakin meningkat dan upah yang semakin tinggi membuat sekitar 60 persen warga kecamatan ini beralih menjadi pengrajin songket. Agar pembeli tidak bosan, pengrajin songket sidemen melakukan inovasi di bidang desain dan motif.

Sekarang, kain songket bali ini tidak hanya dikenal oleh masyarakat lokal saja namun juga sudah terkenal di mancanegara. Kain indah asli bali ini merupakan salah satu komoditas ekpor utama pemda bali. Namun kejadian bom beberapa tahun yang lalu menyebabkan permintaan kain songket menurun drastis. Di tahun 2010, pasar kain tradisional ini mulai bangkit dan hingga sekarang, permintaan lokal maupun mancanegara atas kain songket ini semakin meningkat.

Related Search:  motif songket bali - tema songket khas bali menggunakan motif - jual kain songket bali - harga+songket+bali+dari+pengerajin - cara pembuatan kain songket bali - motif songket khas bali - kain songket sidemen - kain batik di bali - harga songket bali - kain songket bali -

Comments are closed.