Motif Kain Batik Jogja

Yogyakarta meruapakan salah satu kota penghasil kain batik dengan kualitas tinggi di Indonesia. Di kota gudeg ini, Anda akan menemukan berbagai motif yang menawan. Kebayakan kain batik jogja menggunakan warna dasar putih yang kemudian dilapisi malam untuk kemudian dicelup pada pearna kain hitam atau coklat. Ada beberapa macam motif kain batik dari Yogyakarta yang menonjol, seperti motif Kawung, Parang Kusumo, Truntum, Tambal, dan Pamiluto.

Motif Kawung adalah motif batik yang halus dan memiliki pola bulatan yang terlihat seperti buah Kawung (kolang-kaling). Selain itu, motif ini terkadang juga mirip dengan bunga teratai (lotus) yang melambangkan umur panjang dan kesucian. Selain motif Kawung, motif lain yang juga banyak digunakan adalah motif parang Kusumo. Motif ini lebih tegas dengan garis-garis dan juga lengkung-lengkung yang bermakna perjuangan dalam menjalani kehidupan.

Related Search:  kain batik jogja - batik jogja - Motif Kain Batik - artikel motif batik yogyakarta - kain panjang batik jogja motif peksi - toko kain jogja yang ada motif garis hitam putih - motif batik indonesia dengan - motif batik jokja - kain batik jogja - motifkain batik jogja -

Comments are closed.