Proses pembuatan kain songket: Pembuatan Unik Kain Songket

Proses pembuatan kain songket: Pembuatan Unik Kain Songket

Di Indonesia, kain merupakan salah satu bahan yang sering diprosuksi dalam rangka melestarikan warisan budaya Indonesia. Jadi, perlu anda tahu, akan ada banyak sekalai kain yang menjadi warisan budaya Indonesia, seperti kain Batik, Tenun, serta Songket. Dari sekian banyak kain yang bisa dihasilkan masyarakat Indonesia, kain Tenun merupakan salah satu hal yang sangat bernilai. Kain tenun merupakan salah satu kain yang sangat bernilai. Kain songket berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Palembang dan juga Bali. Jadi, mari kita perhatikan cara pembuatan songket ini secara mudah.

Kali ini kita akan membuat proses kain tenun ikat. Kain tenun ikat itu memiliki berbagai macam jenis, yaitu kain tenun khas Troso misalnya. Jadi, jika anda ingin memulai penyusunan, maka anda harus mempersiapkan benang yang lebarnya sekitar 180 cm. Proses ini biasa disebut Ngeteng Plangkan. Setelah itu, ada proses nali. Dalam proses ini, benang yang disiapkan mulai ditali dan dirangkai hingga berbentuk motif menggunakan tali rafia. Bahan wenter digunakan untuk pembuatan motif kain tenun ini.

Setelah itu, proses penataan motif dilakukan mulai dari proses pewarnaan motif. Proses ini dilakukan secara urut sesuai alur untuk menentukan motif kain tenun tersebut. Proses penenunan dilakukan oleh alat tenun tradisional hingga harganya memuncak tinggi. Dari bahan tersebut, maka anda bisa menghasilkan kain tenun yang bagus.

Related Search:  cara pembuatan songket bali - pembuatan tenun songketpekalongan - cara urut pembuatan kain songket - pembuatan songket bali - cara pembuatan songket di berbagai daerah - cara pembuatan kain songket bali - cara membuat kain songket bali - harga bahan batik tenun songket pekalongan - gaya batik unik - alur membuat kain -

Tags: , , , ,

Comments are closed.