Ragam Busana Batik

Ragam Busana Batik

Batik adalah salah satu identitas bangsa Indonesia yang popularitasnya kini telah merambah hingga ke luar negeri. Pada Oktober 2009, UNESCo bahkan telah menetapkan batik Indonesia sebagai masterpiece warisan budaya. Selain sebagai pakaian nasional, penggunaan batik pun telah mendunia. Ini membuktikan bahwa model busana batik memunculkan minat yang cukup tinggi untuk semua kalangan masyarakat. Ragam batik tak dapat disangkal memiliki keragaman yang tinggi. di Indonesia, ada beberapa daerah yang memunculkan batik dengan motif yang berbeda-beda. Tingginya minat konsumen akan pakaian batik mendorong munculnya ragam pakaian batik yang sangat beragam, terutama modelnya.

Mulanya, baju batik ‘hanya’ identik dengan model kemeja untuk pria dan blus untuk wanita, dengan desain yang sederhana. Seiring perkembangan fashion, batik kini dapat bersaing dengan berbagai model pakaian lain yang dulunya relatif lebih unggul. Kini, busana batik dpat dikenakan oleh berbagai kalangan masyarakat yang memiliki status sosial berbeda, dari anak-anak hingga orang tua. Jika dahulu anak muda enggan mengenakan batik yang dinilai kurang ‘modis’, maka sekarang batik telah menjadi salah satu baju yang wajib ada di lemari pakaian mereka. Hal ini tak lain disebabkan oleh munculnya baju-baju batik dengan model, desain, dan warna yang menarik dan modis. Batik telah menjadi inspirasi untuk penciptaan gaun-gaun atau pakaian modis lainnya. Berbagai aksesoris dan bahan tambahan pun dimunculkan untuk menambah pesona baju batik. Batik telah disulap dari pakaian yang mungkin membosankan, menajadi pakaian yang digemari, baik untuk acara formal maupun non-formal, bahkan untuk sekedar bersantai ria di rumah. Tren yang baru saja muncul belakangan ini adalah batik bola, yang memadukan motif batik dengan logo klub sepakbola favorit. Hal ini tentunya semakin menambah antusiasme masyarakat untuk memilih batik.

Meskipun daerah produsen batik hanya tersebar di beberapa daerah saja di Indonesia, namun kita dapat menemuinya hampir di seluruh Indonesia. Penjualannya pun tidak lagi hanya berada di pasar-pasar tradisional, tetapi sudah menjangkau pasar modern bahkan di mall-mall pusat perbelanjaan. Selain itu, konsumen pencinta batik pun bisa mendapatkan barang secara online seiring munculnya toko-toko busana batik di dunia maya. Mereka bisa memilih berbagai model batik dengan berbagai tingkatan harga dan kualitas.

Related Search:  ragam model batik - Ragam busana - ragam batik indonesia -

Comments are closed.