Ragam Hias Aceh Melalui Motif Batik

RAGAM HIAS ACEH MELALUI MOTIF BATIK

Seni membatik adalah seni asli Indonesia yang diwariskan turun temurun dari generasi ke generasi. Setiap daerah memilki seni batiknya sendiri, tak terkecuali Aceh. ragam hias aceh banyak ditemukan di kain batik dimana akan banyak sekali pilihan motif yang akan membuat anda terpesona dengan keindahan karya seni batik aceh yang satu ini. Kain batik motif pintu merupakan salah satu kain batik asli aceh cukup popular. Kain batik pintu ini memilki simbol yaitu melambangkan ukuran pintu rumah adat aceh yang rendah. Batik pintu merupakan batik yang indah dan menggunakan perpaduan warna antara cokelat, putih, dan merah. Tema pada kain batik pintu ini sendiri juga menyerupai candi yang dikelilingi oleh simbol natural seperti bunga dan akar.

Motif batik aceh yang lainnya adalah motif tolak angin. Motif tolak angin adalah motif yang cukup popular mengingat ada makna khusus dari motif yang satu ini. Seperti namanya yang unik yaitu tolak angin, motif ini melambangkan bahwa rumah adat aceh memilki banyak ventilasi udara. Ini berarti orang aceh adalah orang yang mau menerima perbedaan satu sama lain. Tidak disangka memang bahwa setiap motif ternyata memilki maknanya masing-masing, tapi itulah batik aceh, sederhana namun penuh makna. Ada juga motif betupa bunga jeumpa yang bisa anda jumpai pada kain batik aceh.

Motif bunga jeumpa ini menggambarkan bunga yang banyak ditemukan di aceh yaitu bunga jeumpa. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa motif yang satu ini bernuansakan alam dan mengandung unsur natural didalamnya. Selain motif natural, ada juga motif yang melabangkan senjata khas aceh yaitu motif rencong. Rencong adalah salah satu nama senjata khas daerah aceh sehingga benda ini menjadi inspirasi batik yang cukup digemari oleh para seniman batik di kota aceh.

Sebenarnya masih banyak pilihan motif batik yang bisa anda temui di ragam hias aceh diantaranya adalah awan berarak, gayo, pucok reubong dan lain sebagainya.

Bagi anda yang mencintai batik aceh, jangan lewatkan waktu anda sejenak untuk menikmati motif batik yang satu ini.

Related Search:  motif batik aceh dan penjelasannya - motif ragam hias indonesia - motif aceh dan maknanya - kain batik khas aceh.com - sejarah motif tolak angin - kain aceh - ragam hias bunga jeumpa - motif ragam hias nusantra daerah aceh - batik aceh motif rencong - motif hias dari "aceh" -

Tags: , , , , ,

Comments are closed.