Sarung Tenun

Trik Memilih Sarung Tenun Asli Samarinda

Sarung tenun Samarinda merupakan salah satu kerajinan khas Kalimantan Timur yang banyak dicari oleh para pengunjung propinsi ini sebagai oleh-oleh ataupun untuk penambah koleksi kain tenunan khas Indonesia. Motif sarung ini cukup beragam mulai dari kotak-kotak biasa, bunga-bunga, garis-garis hingga paduan antara kotak, garis dan ukiran batik khas Kalimantan seperti ayam palupu. Warnanya pun sangat meriah seperti hijau, ungu, merah, biru dan cokelat atau gabungan semuanya dalam satu helai sarung, sehingga membuat sarung Samarinda sangat unik. Bahkan ada juga motif yang disebut ‘Belang Hatta,’ yaitu motif yang konon disukai oleh Alm. Bung Hatta berupa paduan motif garis-garis dan kotak-kotak dengan warna-warna abu-abu gelap, merah muda dan ungu.

Sarung Samarinda memang terkenal akan kehalusan tekstur serta keindahan warna serta motifnya, akan tetapi tentu saja ini bila kita berbicara tentang sarung Samarinda asli. Sarung Samarinda asli yang dibuat dengan menggunakan alat tenun sangat populer sehingga banyak ditiru oleh pabrik-pabrik di luar Kalimantan seperti di Jawa dengan menggunakan mesin. Hal ini sebenarnya tidak masalah, tetapi akhirnya banyak pengunjung dari luar Kalimantan yang menjadi korban penipuan, dimana mereka diperlihatkan sarung tenun Samarinda yang katanya asli lengkap dengan motif batik atau kotak-kotak khasnya, padahal sebenarnya sarung tersebut dibuat dengan mesin oleh pabrik di luar Kalimantan. Sangat mengecewakan, bukan?

Membedakan Sarung Tenun Samarinda Asli dan Palsu

Ditinjau dari ukuran sarung, sarung buatan pengrajin yang asli biasanya punya ukuran standar panjang 2 meter dan lebar 80 sentimeter serta jahitan penyambung di bagian tengah; benang ini tidak akan nampak pada sarung buatan pabrik karena dibuat dengan mesin. Sarung tenun asli juga malah terasa agak kasar, kebalikan dari kain buatan pabrik yang halus. Akan tetapi, begitu dipakai terutama di udara panas, sarung asli akan terasa lebih sejuk ketimbang sarung pabrikan. Untuk pastinya, jika anda berkunjung ke Samarinda dan ingin mendapatkan sarung tenun Samarinda asli, sebaiknya langsung saja menuju ke sentra pembuatan sarung tenun tradisional di Kelurahan Masjid di Samarinda Seberang.

Related Search:  industri sarung tenun asli Samarinda - sarung ungu samarinda - Kain Batik Sarung - sarung tenun palsu - model baju sarung tenun samarinda - sarung sarung tenun cabut wrn motif kalimantan - kain sarung batik asli - pengrajin batik sarung bantal ikat - sarung samarinda motif hatta - pabrik sarung songket disamarinda -

Comments are closed.