Sejarah Kain Batik

Ternyata, dalam penulisan sejarahnya, informasi tentang darimana seni pewarnaan dan penggambaran kain, yang dalam hal ini bisa kita sebut kain batik, berasal masih simpang siur. Menilik beberapa catatan yang dapat kita peroleh dari mesin pencari yang serba tahupun, sejarah dari kain batik sendiripun masih begitu sangat bervariasi. Hampir dari berbagai macam tulisan yang ada disana mencatat bahwa, sejarah kain batik sendiri itu telah ada dari abad ke-4 di Mesir. Wikipedia mencatat, pada abad tersebut teknik pewarnaan dan pembentukan pada kain yang menggunakan malam ini telah digunakan pada kain pembungkus mumi.

Sedangkan di Indonesia sendiri, yang notabene tempat dimana kata ‘batik’ itu berasal, batik sudah dikenal sejak jaman kerajaan Majapahit. Baru pada abad ke-18 hingga awal abad ke-20 batik semakin popular di dunia. Hal ini sejalan, sewaktu batik Indonesia dipamerkan di Paris pada tahun 1900. Dan pada akhirnya, di tahun 2009 yang lalu, batik telah ditetapkan sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi oleh UNESCO.

Related Search:  sejarah+batik - sejarah batik indonesia - sejarah kain batik cual - kain batik indonesia - sejarah kain motif batik truntung - SEJARAH KAIN BATIK - cerita sejarah motif kain batik sejak berkembangnya - kain khas batik di sebut - sejarah kain batik -

Comments are closed.