Teknik pembuatan kain tenun

Teknik pembuatan kain tenun

Kain tenun merupakan kain yang memiliki harga yang cukup mahal untuk dibeli. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Jadi, sebenarnya kain tersebut merupakan kain yang dihasilkan dari tenaga yang bukan Mesin. Hari ini kita akan berusaha mengetahui beberapa teknik yang digunakan untuk membantu anda dalam mengetahui proses atau teknik pembuatan kain tenun. Teknik pembuatan kain tenun lurik adalah bahasan utama kita kali ini. Jadi, proses yang paling utama yang harus dilakukan adalah proses pewarnaan benang. Proses ini biasa kita sebut dengan nama proses nyelup. Proses ini merupakan proses dimana benang diwarnai sesuai keinginan kita untuk membantu kita menghasilkan motif kain tenun yang diinginkan. Proses pewarnaan ini menggunakan wenter.

Setelah benang diwarnai sedemikian rupa, kita bisa memulai proses pemintalan benang. Proses pemintalan benang bisa dilakukan dengan menggunakan kelos dan pelet. Kelos merupakan gulungan besar dalam pemintalan. Sedangkan jika kita menggunakan pelet, maka ini merupakan gulungan kecil. Jangan lupa, sebelum melakukan proses pemintalan, anda harus melakukan pengeringan secara menyeluruh.

Proses selanjutnya bisa disebut sebagai sekir. Proses ini merupakan proses yang sangat rumit juga. Disini para penenun harus bisa menyekir benang menjadi motif tertentu. Proses selanjutnya disebut nyucuk, dimana kita harus memasukkan benang pada alat penenun. Jadi jika semua proses di atas sudah dipenuhi. Maka anda bisa melakukan proses penenunan untuk menghasilkan kain tenun yang bagus.

Related Search:  proses pembuatan kain tenun di malaysia - teknik membuat batik pohon hayat flora - proses nyelup dalam pembuatan sarung - kain batik yang dibuat dengan teknik sulaman disebut - teknik pembuatan kain tenun - teknik membuat kain - tehnik penenunan kain lurik - proses nyucuk pada tenun - pewarnaan benang wenter - alat/bahan tenun -

Tags: , , ,

Comments are closed.