Tenun Ikat Bali

Tips Menyimpan Kain Tenun Ikat Bali

Kain tenun ikat Bali, terutama yang asli dan dibuat dengan metode tradisional, memiliki nilai jual dan seni yang tinggi. Motifnya yang khas dan indah serta buatannya yang halus membuat kain ini sangat cocok sebagai koleksi yang bernilai tinggi atau bahan pakaian dan aksesori yang sangat bergaya. Akan tetapi, barang spesial tentunya membutuhkan metode perawatan dan penyimpanan yang spesial juga. Kebanyakan orang yang berbelanja kain tenun ikat, baik itu yang berupa lembaran maupun yang sudah menjadi pakaian atau barang, biasanya sudah mengerti kalau bahan tersebut tidak bisa dicuci dengan cara yang sama seperti mencuci pakaian biasa. Akan tetapi, bagaimana dengan cara menyimpannya?

Anda mungkin berpikir: asal kain tenun ikat tersebut disimpan di lemari pakaian, harusnya sudah cukup, iya ‘kan? Kenyataannya, kain tenun ikat Bali, terutama yang dibuat dengan metode tradisional, juga membutuhkan cara menyimpan yang benar agar benangnya tetap awet dan permukaannya tetap dalam kondisi bagus. Mungkin kedengarannya agak repot, tetapi cara menyimpan yang benar akan sungguh-sungguh membuat kain tenun koleksi anda tetap cantik walaupun setelah bertahun-tahun dimiliki.

Berikut adalah beberapa tips untuk menyimpan kain atau barang yang berbahan tenun ikat tradisional Bali:

1. Kain tenun yang berupa lembaran atau pakaian jangan disimpan dalam keadaan terlipat dan ditumpuk satu sama lain, melainkan digulung atau digantung dengan gantungan baju.
2. Jagalah agar bagian dalam lemari tempat anda menyimpan kain tenun ikat Bali tetap kering dan tidak lembab agar tidak menimbulkan masalah jamur. Jika perlu, sesekali koleksi anda bisa dikeluarkan untuk diangin-anginkan sebentar agar tidak lembab dan apek (bukan dijemur apalagi di bawah terik matahari).
3. Untuk mencegah masalah jamur dan serangga merusak kain tenun ikat Bali anda, letakkan beberapa kapur barus di dalam lemari.
4. Jika anda memiliki barang seperti tas, dompet dan tempat ponsel yang terbuat dari kain tenun ikat Bali, benda-benda itu bisa dibungkus dengan plastik rapat-rapat sebelum dimasukkan ke dalam lemari.

Related Search:  kain batik tenun bali - kain enden bali - kain tenun ikat bali - batik bali lembab - kain batik bali - model baju tenun ikat bali - Indonesia tenun buna ikat online - jual kain batik tenun enden bali -

Comments are closed.