Tenun Ikat Flores

Alfonsa Raga Horeng dan Makna di Balik Tenun Flores

Jika anda mengikuti perkembangan dunia tenun ikat Flores, anda mungkin pernah mendengar tentang Alfonsa Raga Horeng. Tokoh budaya serta pendiri yayasan Sentra Tenun Ikat Lepo Lorun ini merupakan salah satu duta budaya Indonesia dan Flores di dunia, serta berperan besar dalam membawa nama tenun ikat khas Flores ke mata publik Indonesia serta dunia. Lewat usahanya, industri kerajinan tenun ikat tradisional Flores yang tadinya sempat tenggelam kini sudah terpusat ke dalam sentra-sentra kerajinan terorganisir seperti yang berlokasi di berbagai desa di Ende, Flores Timur dan Sikka. Selain menjadi sentra kain tenun ikat, desa-desa ini juga merupakan tempat pembinaan bagi penduduk Flores, tua maupun muda, yang berminat untuk belajar menenun.

Kekeliruan Konsep dalam Dunia Kerajinan Tenun Tradisional

Wanita yang pernah mendapat penghargaan Kartini Award serta Australian Leadership Award ini berpendapat bahwa menurunnya minat generasi baru dalam memelajari seni pembuatan kain tenun tradisional berasal dari kesalahpahaman dan kekeliruan konsep akan gambaran para penenun tradisional di daerah-daerah. Sebagai contoh, banyak orang yang memandang industri kerajinan kain tenun tradisional sebagai sesuatu yang kurang ekonomis serta tidak begitu bernilai ekonomi tinggi. Padahal, seni pembuatan kain tradisional tidak hanya menyangkut masalah uang atau teknis, melainkan juga sebagai salah satu bentuk usaha memertahankan identitas budaya sekaligus mendukung sikap hidup yang menjunjung tinggi ketelatenan, ketekunan dan kesabaran.

Anggapan keliru lain yang berusaha dihapus oleh Alfonsa adalah pendapat bahwa wanita Flores menjadi penenun karena tidak memiliki kemampuan untuk mencari sumber pendapatan lain yang lebih baik. Kenyataannya, para penenun tradisional justru merupakan orang-orang paling mandiri yang pernah ada, karena mereka tidak tergantung pada orang lain serta mampu menguasai keahlian yang rumit dan bernilai seni tinggi. Dengan promosi kerasnya terhadap keindahan tenun ikat Flores serta potensi yang bisa diraih dari pelestarian kain ini, Alfonsa berharap bahwa publik akan semakin tertarik pada potensi kain ini, dan anak-anak muda pun akan berminat memelajari seni menenun tradisonal.

Related Search:  kain flores - fungsi kain flores - Potensi Pengembangan Tenun Ikat Flores - artikel kain batik flores - grosir batik flores - nama tenun di flores - kain tenun flores - BATIK FLORES TIMUR - yayasan tenun ikat ende - nama tenun ikat flores timur -

Comments are closed.