Tenun Songket

Tenun Songket Lombok Khas Desa Sukarare

Anda ingin mencari kain tenun songket asli? Jangan hanya tahu Palembang sebagai pusatnya kain songket unggulan di Indonesia. Cobalah mampir ke Lombok, tepatnya ke Desa Sukarare di Lombok Tengah. Di sini, anda dapat menemukan sentra kerajinan kain songket khas Lombok yang indah nan terancam punah yaitu songket Sasak. Walaupun songket Palembang dikenal sebagai rajanya songket mewah, songket Sasak ternyata juga tidak kalah indahnya dengan songket dari Pulau Sumatera. Para pengrajin songket Sasak saat ini sedang menghadapi persaingan ketat dengan kain songket buatan pabrik, namun sentra kerajinan songket di Desa Sukarare tetap hidup berkat kecintaan pecinta kain fanatik yang masih memihak kain songket tradisional.

Motif Indah Tenun Songket Sasak

Kain tenun songket Sasak memiliki beberapa pola unik yang membuatnya berbeda dengan songket Palembang, sehingga memiliki keistimewaan tersendiri. Motif-motif ini juga memiliki makna berbeda-beda; sebagai contoh, ada motif Keker yang cantik berupa dua ekor burung merak yang berhadapan sebagai lambang dari kebahagiaan hidup, motif Tokek yang maknanya adalah keberuntungan dalam hidup serta motif yang terinspirasi ucapan Islam dengan tulisan Arab (misalnya Subhanallah) namun dimodifikasi sedemikian rupa sehingga masih menunjukkan ciri khas motif kain tenun asal Lombok. Ada juga motif berwarna ungu cantik yang disebut Trudak serta motif garis-garis melintang yang disebut Pakerot. Semua motif ini merupakan corak khas dari Desa Sukarare dan sangat digemari di kalangan pecinta kain tenun asli Indonesia.

Harga Kain Tenun Songket Sasak

Jumlah uang yang harus anda keluarkan untuk kain tenun songket Sasak memang cukup mahal, namun hal itu juga tergantung dari ukuran kain, kerumitan motif (terutama karena motifnya memakai benang emas) serta bahan kainnya (sutra berharga paling mahal). Sebagai contoh, kain yang sudah dibuat menjadi ikat kepala atau taplak mungkin hanya berharga 50 ribu hingga 150 ribu rupiah. Akan tetapi, jika kain tenunan yang anda beli memiliki corak yang kaya dengan banyak benang emas, bersiaplah mengeluarkan uang antara 1 hingga 3 juta rupiah. Akhirnya, kain songket sutra yang sudah dibentuk menjadi sarung atau kain panjang dengan pola benang emas yang ramai harganya bisa mencapai 7 juta rupiah. Akan tetapi, harga tersebut dijamin seimbang dengan keindahannya.

Related Search:  harga kain tenun lombok - songket motif keker murah - batik tenun lombok - songket buatan pabrik - sentra tenun songket palembang - tenun songket lombok - mencari kain ciri kas songket batik madura - ciri khas kain tenun lombok - ciri motif kain lombok - songket lombok sutra -

Comments are closed.