Udan Liris, Penantian yang Manis

Udan Liris, Penantian yang Manis

Banyak yang bilang, hujan itu romantis. Hujan identik dengan percintaan, kerinduan, dan kemesraan. Coba kalau kamu lihat pasangan yang berjalan di bawah hujan sepayung berdua, pasti tersenyum kan? Walaupun belum tentu mereka pasangan. Siapa tahu sahabat, atau bahkan saudara.

Udan Liris Secara Harfiah

Udan dalam bahasa Jawa artinya hujan. Hujan adalah peristiwa yang sering kita tunggu-tunggu. Walaupun hawa menjadi dingin, bahkan nyaris membeku, hujan membuat udara segar. Hujan membuat kita makin sadar akan pentingnya air dalam kehidupan. Ada juga pepatah mengatakan bahwa panas satu tahun bisa habis karena hujan dalam satu hari.
Udan liris artinya hujan gerimis. Kata orang, terkena hujan gerimis lebih tidak sehat daripada hujan lebat yang deras. Meski hanya sedikit-sedikit tetesan airnya, kepala lebih pusing. Tetap saja, gerimis tidak kehilangan nuansa romantisnya.

Motif Udan Liris dan Maknanya

Kalau saya perhatikan lebih cermat, motif ini memang sangat mirip hujan gerimis yang sebenarnya. Gerimis sering kali tidak terlihat, apalagi jika cuaca cerah karena airnya tampak tipis-tipis. Motif batik udan liris sederhana, seperti garis-garis hujan yang miring ketika jatuh ke bumi.
Apa kaitannya dengan pernikahan dan kehidupan bersama pasangan? Seperti yang kamu sudah tahu, bahtera rumah tangga adalah membuka lembaran hidup baru. Bersama-sama diharapkan jadi lebih mudah dan berbagi beban, sekaligus teman dalam kegembiraan. Bagaikan cuaca, situasi bisa berubah-ubah. Kadang cerah, kadang berawan, kadang angin kencang dan turun hujan. Bisa jadi gerimis sering melanda. Tapi kita harus yakin bahwa hujan akan berhenti dan matahari bersinar kembali. Mungkin esok hari atau tidak lama lagi.
Udan liris menandakan harapan akan dilimpahi kesabaran dan ketabahan. Selain menghadapi cobaan kecil-kecil yang lumrah dalam pernikahan, bisa saja kita bertemu halangan yang cukup menuntut ketangguhan mental. Misalnya sakit, berjauhan domisili dengan pasangan karena tugas atau pendidikan selama beberapa waktu. Ketika memakainya atau memandanginya, kita akan terbayang juga para pekerja batik yang mengolah dan menciptakan motif itu setepat-tepatnya. Titik, garis, dan bentuk-bentuk simpelnya pun membutuhkan kesabaran yang tinggi.

Related Search:  makna udan liris - arti batik udan liris - pengertian udan liris - batik hujan - batik hujan liris - makna motif batik udan liris - motif udan liris arti - motif batik udan liris dan maknanya - speedial - kain batik liris -

Tags:

Comments are closed.