Wanita dan Busana

Wanita dan Busana

Serba-serbi berbusana lebih sering dikaitkan dengan kaum wanita daripada pria. Hal ini tak lepas dari fakta bahwa wanita cenderung lebih memperhatikan penampilan melalui busana, dibandingkan kaum pria. Anggapan ini pula yang menyebabkan lebih berkembangnya model busana wanita. Ketika berkunjung ke pusat perbelanjaan pakaian, lebih mudah bagi kita untuk menemukan baju-baju wanita dengan beragam model yang berbeda-beda. Sedangkan busana pria cenderung lebih statis dan bertahan dengan model yang relatif sama dari waktu ke waktu, dengan perubahan yang sifatnya minor.

Wanita memiliki lebih banyak pilihan dalam berbusana di berbagai kesempatan, baik di rumah, dalam acara formal, maupun acara non-formal di luar rumah. Bahkan celana, yang merupakan bawahan untuk pria pun memiliki ‘cabang’ untuk bisa dikenakan oleh wanita. Tank-top, rok, daster, kaos, blouse, blazer, dan gaun adalah sederet jenis busana wanita yang bisa dipilih oleh kaum hawa dalam model yang sangat beragam. Ditambah dengan karakter ‘umum’ yang mudah tergiur dengan barang-barang di luar kebutuhannya, tak heran jika konsumen yang lebih sering mengunjungi penjual busana adalah mereka yang bergender wanita. Begitu pula dengan perkembangan model berbusana, mereka cenderung lebih rajin menyimak perkembangan model pakaian terbaru dibandingkan pria.

Busana wanita menghiasi berbagai pusat pertokoan busana di banyak tempat, mulai dari pasar-psar hingga mall-mall. Para produsen pakaian pun seakan paham dengan keinginan kaum perempuan yang menyukai baju-baju dengan model yang selalu baru. Mereka senantiasa memperbaharui model busana yang mereka produksi dengan mengikuti tren fashion yang sedang berkembang. Para konsumen pun dapat menyimak perubahan model busana dengan mengakses berbagai media termasuk internet. Banyaknya toko-toko busana online juga mempermudah kaum wanita untuk menyalurkan keinginannya untuk memiliki busana dengan model yang sesuai. Wanita dan busana memang tak terpisahkan, sedangkan toko-toko baik off maupun online inilah yang menjembatani keduanya. Selain itu, fungsi pakaian yang bukan lagi hanya sekedar penutup tubuh telah mengilhami kaum wanita ini dalam memilah dan memilih busana, tak lain karena wanita adalah sosok yang cenderung memperhatikan kualitas penampilannya secara fisik.

Comments are closed.